Powered By Blogger

Senin, 08 November 2010

Invita 2010

SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan study trip yang bernama INVITA (INdustri VIsit dan Tafakur Alam) menuju Solo dan Yogyakarta. kami berangkat dari Jakarta menuju Solo terlebih dahulu menaiki bus dari sekolah. invita mulai pada tanggal 20 - 25 Oktober 2010. Ini dia cerita lengkapnya...

Hari pertama, Hari pertama ini adalah hari keberangkatan kami menuju Solo. Saat itu, kami tidak belajar seperti biasa gara-gara kami harus menyiapkan barang-barang untuk berangkat ke Solo. Kami berangkat dari sekolah pukul 17.30 sebelum itu, kami berkumpul dulu di sekolah untuk menaruh koper dan upacara keberangkatan. kami menunggu dengan gembiranya sambil ngobrol bareng teman-teman di saung SMA labschool. lalu, kami berangkat menuju Solo dengan riangnya. perjalanan menuju ke Solo sekitar 8 jam. dalam perjalanan kami sangat senang bercanda dengan teman-teman sambil menonton DVD. dengan beruntungnya kami mendapatkan pemandu perjalanan yang lawakannya sangat lucu yang bernama Tom dan kami memanggilnya Om Tom,

Saat di perjalanan, kami singgah di RM. Sabarjaya. lalu, kami melanjutkan perjalanan menuju Solo. saat sudah malam kami kelelahan dan akhirnya tidur pada pukul 03.00 di bis. saya terbangun pada pukul 05.00 dan beberapa saat kamudian kami kaget melihat spanduk besar "Selamat Datang di Kota Solo" dan kami langsung menyambut dengan hangat kota Solo.

Hari kedua, kami tidak mungkin malanjutkan perjalanan dalam keadaan lapar lalu, kami langsung pergi ke R.M. Taman Sari untuk sarapan dan mandi. kami tiba di tujuan pertama kami di Pabrik Gula. disana kami melihat proses pembuatan gula tasik madu di karanganyar. gue sih kurang suka sama bau pabrik disana gara-gara bau gulanya yg menyengat dan seperti bau gosong. disana panas bangetbangetan di dalemnya juga alat-alatnya sudah bedebu dan tua.

PG. Tasikmadu

Disana kita mendengarkan sekalian mencatat tentang sejarah pabrik itu dan kita akan mebuat laporan. lalu kita pergi meninggalkan pabrik gula dan pergi menuju bengawan solo untuk tafakur alam. tafakur alam terletak di sebrang sungai Bengawan Solo dan disana kami mendapatkan pencerahan alam sambil hujan-hujanan. lalu, kami pergi ke Candi Prambanan, candi prambanan adalah candi peninggalan agama Hindu,Perjalanan menuju candi sekitar 2 jam. Setiba disana, kami langsung menemui pemandunya dan kami menuju ke candi Prambanan tersebut. Luas komplek candi Prambanan adalah 80 hektar. Total candi yang ada adalah 240 buah candi. Candi prambanan bercorak Hindu. Banyak mitos yang terdapat di candi Prambanan, kami makan malam di restoran Grafika. Setelah itu, kami langsung menuju ke hotel Sahid untuk beristirahat.

Di Prambanan

Keesokan harinya, kami bangun pagi-pagi untuk sarapan. Sehabis sarapan, saya dan teman-teman bersiap untuk studi tur hari Jumat 22 Oktober 2010. Setelah semua bersiap dan sarapan, saya dan teman-teman pergi ke Keraton Jogjakarta. Di sana kami jadi tau bagaimana sejarah di Keraton Jogjakarta, Silsilah keluarga Keraton, dll. Selesai dari Keraton kami pergi ke sebuah toko batik yang sekaligus Pabrik pembuatan batik yaitu Batik Rorojonggrang. Di sana kami diberi tau cara mambuat batik dan beberapa jenis-jenis batik. Pulang dari Batik Rorojonggrang kami menuju HS Silver, yaitu Tempat pengolahan Silver atau Perak. Selain itu kami juga melaksanakan Shalat Jumat di Masjid terdekat. Setelah itu, saya dan teman-teman makan siang di sebuah restoran di Jogja lalu kami menuju ke pusat kerajinan wayang, setelah kami dari sana kami jadi tau hal-hal tentang wayang dari Jenis-jenisnya, Asal-Usulnya, Perwayangan, dll. Pulang dari sana kami langsung menuju Dagadu untuk membeli oleh-oleh berupa Baju, Topi, Sandal, dll.

Di Keraton Yogyakarta

Selesai berbelanja di dagadu saya dan teman-teman makan malam di salah satu restoran di Jogja, setelah itu kami pergi ke Malioboro untuk membeli oleh-oleh dengan harga yang lebih terjangkau. Pulang dari Malioboro kami kembali ke hotel untuk beristirahat agar tidak lelah pada kegiatan esok hari.

Hari Sabtu tanggal 24 Oktober 2010, pagi-pagi saya dan teman-teman membereskan barang-barang karena setelah itu kami akan check out hotel. Setelah semua barang dibereskan, barang-barang dan oleh-oleh ditaruh di bus lalu kami makan pagi di hotel. Selesai makan pagi, saya dan teman-teman pergi dari hotel lalu menuju Bakpia Djava untuk membeli oleh-oleh berupa makanan. Selesai dari sana kami langsung menuju SMA Taruna Nusantara untuk lebih mengetahui tentang SMA Taruna Nusantara dan bertemu alumni SMP Labschool Jakarta yang melanjutkan sekolahnya di SMP Labschool Jakarta. Sesampainya di sana, Kami disambut oleh Wakil Kepala Sekolah SMA Taruna Nusantara. Setelah Sambutan Kami bertemu Alumni SMP Labschool Jakarta yang Bersekolah di SMA Taruna Nusantara.

Para Alumni membagi pengalamannya di SMA Taruna Nusantara dan mengadakan sesi Tanya jawab. Sehabis Sesi Tanya Jawab kami diajak berkeliling SMA Taruna Nusantara untuk mengetahui tempat-tempat di SMA Taruna Nusantara. Setelah semuanya selesai kami langsung pergi ke masjid terdekat untuk melaksanakan shalat dzuhur lalu makan siang di salah satu restoran di Magelang. Setelah itu kami menuju ke Candi Borobudur. Di Candi Borobudur, saya dan teman-teman mempelajari banyak hal tentang Candi Borobudur. Selesai dari Candi Borobudur kami pulang menuju Jakarta. Di tengah Jalan kami Berhenti di Gombong untuk makan malam, dan setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Keesokan Harinya saya dan teman-teman berhenti di rest area untuk melaksanakan ibadah shalat subuh. Selesai beribadah kami melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Hari Minggu, Tanggal 25 Oktober 2010 jam 6 pagi kami sampai di Jakarta dengan membawa kenangan yang tidak terlupakan.